Makalah Karakteristik Anak Usia Dini

Judul : Makalah Karakteristik Anak Usia Dini

Daftar Isi :
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
1.2. Tujuan Pembahasan

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pentingnya Memahami Anak Usia Dini
2.2. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini
2.3. Kondisi Yang Mempengaruhi Anak Usia Dini
2.4. Pola Perkembangan Anak Usia Dini
2.5. Cara Belajar Anak Usia Dini
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan.
3.2.Saran


SEKILAS ISI MAKALAH KARAKTERISTIK ANAK USIA DINI :
PENTINGNYA MEMAHAMI ANAK USIA DINI.
Anak usia dini memiliki karakteristik yang khas, baik secara fisik, psikis, sosial, moral dan sebagainya. Masa kanak-kanak juga masa yang paling penting untuk sepanjang usia hidupnya. Sebab masa kanak-kanak adalah masa pembentukan pondasi dan masa kepribadian yang akan menentukan pengalaman anak selanjutnya. Sedemikian pentingnya usia tersebut maka memahami karakteristik anak usia dini menjadi mutlak adanya bila ingin memiliki generasi yang mampu mengembangkan diri secara optimal.
Pengalaman yang dialami anak pada usia dini akan berpengaruh kuat terhadap kehidupan selanjutnya. Pengalaman tersebut akan bertahan lama. Bahkan tidak dapat terhapuskan, walaupun bisa hanya tertutupi. Bila suatu saat ada stimulasi yang memancing pengalaman hidup yang pernah dialami maka efek tersebut akan muncul kembali walau dalam bentuk yang berbeda.
Beberapa hal menjadi alasan pentingnya memahami karakteristik a anak usia dini. Sebagian dari alasan tersebut dapat diuraikan sebagaimana berikut :
a). Usia dini merupakan usia yang paling penting dalam tahap perkembangan manusia, sebab usia tersebut merupakan periode diletakkannya dasar struktur kepribadian yang dibangun untuk sepanjang hidupnya. Oleh karena itu perlu pendidikan dan pelayanan yang tepat.
b). Pengalaman awal sangat penting, sebab dasar awal cenderung bertahan dan akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak sepanjang hidupnya, disamping itu dasar awal akan cepat berkembang menjadi kebiasaan. Oleh karena itu perlu pemberian pengalaman awal yang positif.
c). Perkembangan fisik dan mental mengalami kecepatan yang luar biasa, dibanding dengan sepanjang usianya. Bahkan usia 0 – 8 tahun mengalami 80% perkembangan otak dibanding sesudahnya. Oleh karena itu perlu stimulasi fisik dan mental.

Ada banyak hal yang diperoleh dengan memahami karakteristik anak usia dini antara lain :
a). Mengetahui hal-hal yang dibutuhkan oleh anak yang bermanfaat bagi perkembangan hidupnya.
b). Mengetahui tugas-tugas perkembangan anak sehingga dapat memberikan stimulasi kepada anak agar dapat melaksanakan tugas perkembangan dengan baik.
c). Mengetahui bagaimana membimbing proses belajar anak pada saat yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.
d). Menaruh harapan dan tuntutan terhadap anak secara realistis.
e). Mampu mengembangkan potensi anak secara optimal sesuai dengan keadaan dan kemampuan.

Sumber: gudangmakalah.blogspot.com